ZH 47 THE BOMBER

Pesawat ini diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2017 sebagai pesawat tempur tercanggih buatan Indonesia utuk menggempur malaysia yang telah terlalu banyak berulah. Pesawat ini terinspirasi dari pesawat tempur STEALTH dan juga pesawat tempur yang dipakai oleh rekan- rekan ultraman tiga. :-)

Gambar 1.1 pesawat STEALTH

Gambar 1.1 pesawat STEALTH

Gambar 1.2 Ultraman Tiga

Gambar 1.2 Ultraman Tiga

Untuk membuat pesawat ZH 47 THE BOMBER dengan 3d STUDIO MAX 2010 yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu adalah konigurasi Viewport untuk membantu dalam mempercepat proses pengerjaan. Caranya sebagai berikut

1. Klik view ——-> viewport configuration —————> viewport

2. pilih tampilan seperti gambar 1.3

Gambar1.3 Tampilan Viewport

Gambar1.3 Tampilan Viewport

setelah itu kita akan membuat badan pesawat dengan cara sebagai berikut

1. Buat objek silinder

Create ——> standart primitive —–> cylynder

2. Rotasi ke arah sumbu y sejauh 90 derajat

3. Convert cylynder menjadi Editable poly

Klik kanan —-> convert to editable poly

Pada action selection pilih polygon dan darahkan kursor ke ujung cylynder

Gambar 1.4 silinder

Gambar 1.4 silinder

Gambar 1.5 Silinder yang telah dimodifikasi

Gambar 1.5 Silinder yang telah dimodifikasi

4. Dengan tombol select and squash buatlah ujung tabung tersebut meruncing sehingga kita akan mendapatkan bentuk kepala pesawat

5. Pilih polygon bagian atas dan move ke sumbu z untuk membentuk kocpit

6. Kemudian pilih selection menjadi bentuk vertex

7. Pilih viewport dari TOP

8. Degan menggeser masing masing vertex buatlah bentuk badan pesawat menjadi lebih nyata

Gambar 1.6 tampilan badan pesawat setelah di Vertex

Gambar 1.6 tampilan badan pesawat setelah di Vertex

10. setelah badan pesawat maka kita akan membuat combution cumber untuk engine pesawat dengan cara membuat sylyder dan rotasi ke sumbu y 90 derajat kemudian convert to editable poly. Pilih polygon bagian belakang dan lakukan teknik Extrude untuk mendapatkan bagian exauce yang kelihatan nyata

Gambar 1.7. Badan pesawat

Gambar 1.7. Badan pesawat

Setelah badan pesawat terbentuk maka kita tinggal membuat sayap pesawat dengan langkah sebagai berikut

1. buat sebuah box

isikan length 60 width 50 dan height 2.

2. Convert to editable poly

3. Pilih viewport top

4. Pilih selection menjadi vertex

5. Geser ujung ujung vertex sehingga box tadi akan menjadi bebtuk sayap.

6. Gabungkan badan pesawat dengan sayap

7. Lakukan langkah yang sama untuk membuat rader pada ekor pesawat

Dengan sedikit teknik tambahkan beberapa accecoris seperti roda pesawat, missil serta kocpit tambahan dan berikan efek materialing dan juga tambahkan efek pencahayaan

Setelah semuanya selesai langkah terakhir adalah render pesawat dengan cara

1. Pilih viewport dari perspectiv

2. Randering

3. Rander

4. Save. Pilih format gambar menjadi jpg

Demikianlah langkah2 yang diperlukan dalam membuat pesawat ini. Untuk detil yang lebih mendetail dalam langkah pembuatan pesawat ini bisa konfirmasi secara langsung atau via email di x.mbozen@gmail.com. terimakasih

created by MUHAMMAD ZAINAL MUTTAQIN

About these ads