Dalam article lain saya juga menyertakan bagaimana cara install oracle, tetapi didalam OS linux dan link kedalam blog teman saya. Nah, kali ini saya menulis gimana caranya untuk install oracle didalam windows. Disini saya menggunakan oracle 10gyang dapat anda download disini . Isi lengkap semua persyaratan baru download dech….

Okey setelah anda mendapatkan apa yang diperlukan kita mulai saja installnya?

1. Ekstrak dulu karena bentuknya zip kemudian klik setup tunggu sampai tampil seperti ini
gmbr1
2. Pilih basic dan isikan passwordnya, karena ini gratis maka oracle hanya menyediakan 1 database saja.(diingat2 brur passwordnya sama database namenya biar bisa login..okey);;;
3. Klik next tampilan berikutnya
gmbr2
4. Tunggu(apabila stasus yg dipojok sana succeeded lanjutkan saja & pabila error coba diretry dan kalu masih error lagi mungkin kompi (komputer) anda speknya gak memadai).:-)..klik next
5. Klik install
gmbr3
6. Tunggu sampai selesai cuy….sabar….kalu dah selesai maka akan tampil sperti ne ni….
gmbr4
7. Udah jadi dech….eeeitttt jgn di exit dulu coba masukan alamat url diatas satu persatu didalam broswer…kalu berhasil akan tampil sperti ini…
gmbr5
8. Username defaultnya adalah SYSTEM dan paswordnya yang anda isikan awal tadi No.2 klik login kalu berhasil ya……like this….:-)
gmbr6
9. Berhasil dech……trus kalu di command jalankan sql*plusnya start-all program-application development-sql*plus…
gmbr7
10. Username SYSTEM, passwordnya sama seperti No.2 dan host Stringnya sama spti No.2…ok
gmbr8
11. Jadi dch….siap belajar kalu dah expert ajari yacxh….hehehhehehe….l